5 Jalur Pendakian Gunung Lawu yang Wajib Diketahui

Tidak ada komentar 608 views

5 Jalur Pendakian Gunung Lawu yang Wajib DiketahuiGunung Lawu merupakan gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl yang terletak diberbatasan antara Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dengan kabupaten Magetan dan kabupaten Ngawi, jawa Timur. Gunung Lawu sendiri berstatus gunung berapi namun dalam katagori istirahat dan sewaktu waktu bisa meletus kembali.

Gunung Lawu termasuk dalam jajaran gunung tertinggi ke 5 di Pulau Jawa dan menjadi salah satu tempat pendakian favorit dengan warung tertinggi di Indonesia yaitu warung mbok Jum. Selain ramai dengan pendaki, Gunung lawu juga ramai di datangi para peziarah terutama ketika malam suro karena banyak peziarah yang ingin bersemedi di Puncak dan memandikan pusaka di sendang gunung lawu.

Untuk mencapai Puncak tertinggi Gunung lawu, Hargo Dumilah, para pendaki bisa melalui beberapa jalur pendakian yang berbeda. berikut ini 5 Jalur Pendakian Gunung Lawu yang Wajib Diketahui.

1. Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu (Magetan)

Cemoro Sewu merupakan Jalur pendakian gunung lawu paling popular. Bascamp pendakian cemoro sewu sangat mudah ditemukan anda bisa menggunakan transportasi umum maupun peribadi karena Terletak  di Jalan utama karanganyar – magetan, Jawa Timur setelah perbatasan provinsi.

Rute Cemoro Sewu memiliki 5 pos sebelum ke puncak Hargo Dumilah dengan kondisi jalur yang terjal berbatu dan tangga. Untuk lebih Jelasnya berikut ini Peta dan Estimasi Waktu Pendakian.

  1. Bascamp Cemoro Sewu – Pos 1 : 30 menit
  2. Pos 1 – Pos 2 : 50 menit
  3. Pos 2 – Pos 3 : 85 menit
  4. Pos 3 – Pos 4 : 90 menit
  5. Pos 4 – Pos 5 : 30 menit
  6. Pos 5 – Puncak Hargo Dalem : 15 menit
  7. Puncak Hargo Dalem – Puncak Hargo Dumilah : 30 menit

2. Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Kandang (Karanganyar)

Basecamp pendakian Cemoro Kandang letaknya tidak jauh dari basecamp Cemoro Sewu sekitar 750 meter yaitu sebelum berbatasan masuk provinsi jawa timur dan masih di wilayah karanganyar di Jalan utama karanganyar – magetan, Jawa Tengah.

Rute jalur via cemoro Kandang lebih landai namun jarak dan waktu tempuhnya  lebih jauh dan lebih lama karena rute jalurnya berkelok berbeda dengan jalur via Cemoro Sewu.  Jalur via Cemoro Kandang sama memiliki 5 pos sebelum puncak Hargo Dumilah. Berikut ini Peta dan Estimasi Waktu Pendakiannya.

  1. Cemoro Kandang – Pos 1 : 70 menit
  2. Pos 1 – Pos 2 : 80 menit
  3. Pos 2 – Pos 3 : 110 menit
  4. Pos 3 – Pos 4 : 90 menit
  5. Pos 4 – Pos 5 : 40 menit
  6. Pos 5 – Puncak Hargo Dalem : 20 menit
  7. Puncak Hargo Dalem – Puncak Hargo Dumilah : 30 menit

3. Pendakian Gunung Lawu Via Candi Cetho (Karanganyar)

Jalur Pendakian via Candi Cetho terletak di sisi barat laut Gunung lawu, tepatnya di kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk Para pendaki yang lewat jalur ini akan memulai perjalanan dengan melawati situs cagar budaya Candi Cetho dan Candi Kethek yang merupakan candi tertinggi di Indonesia.

Sama dengan Jalur via Cemoro Sewu dan Cemoro kandang yang memiliki 5 pos sebelum puncak Hargo Dumilah. Namun Jalur via Candi Cetho memiliki kelebihan yaitu ada pandang savana yang sangat indah di Pos 5. Berikut ini ini Peta dan Estimasi Waktu Pendakian via Candi Cetho.

  1. Basecamp Candi Cetho – Pos 1 : 60 menit
  2. Pos 1 – Pos 2 : 60 menit
  3. Pos 2 – Pos 3 : 80 menit
  4. Pos 3 – Pos 4 : 90 menit
  5. Pos 4 – Pos 5 : 70 menit
  6. Pos 5 – Puncak Hargo Dalem : 90 menit
  7. Puncak Hargo Dalem – Puncak Hargo Dumilah : 30 menit

4. Pendakian Gunung Lawu Via Jogorogo (Ngawi)

Basecamp pendakian Jogorogo terletak di desa Girimulyo, kecamatan Jogorogo, Kabupaten ngawi. Untuk sampai ke basecamp anda bisa mengunakan angkutan umum dengan dari terminal ngawi anda ambil jurusan simo maka akan melewati jogorogo kemudian naik ojek ke basecamp Jogorogo di desa girimulyo. Anda juga bisa langsung menggunakan kendaraan pribadi.

Rute jalur ini juga sama memiliki 5 pos sebelum puncak, untuk lebih jelasnya berikuti ini Peta dan Estimasi Waktu Pendakian via Jogorogo.

  1. Basecamp Jogorogo – Pos 1 : 90 menit
  2. Pos 1 – Pos 2 : 120 menit
  3. Pos 2 – Pos 3 : 80 menit
  4. Pos 3 – Pos 4 : 30 menit
  5. Pos 4 – Pos 5 : 70 menit
  6. Pos 5 – Jurang Mele : 40 menit
  7. Pos 5 – Puncak Hargo Dalem : 40 menit
  8. Puncak Hargo Dalem – Puncak Hargo Dumilah : 30 menit

5. Pendakian Gunung Lawu Via Singolangu (Magetan)

Jalur Klasik Gunung lawu kembali dibuka kembali setelah dilakukan berbaikan oleh karang taruna singolangu. Jalur pendakian Singolangu terletak di di desa Singlangu, Sarangan, Plaosan, Magetan Jawa timur.

Sama dengan Jalur pendakian gunung Lawu lainnya yang memiliki 5 pos sebelum puncak tertinggi Hargo Dumilah. Berikut ini Peta dan Estimasi waktu pendakian via Singolangu

  1. Basecamp Singolangu – Pos 1 : 60 menit
  2. Pos 1 – Pos 2 (Banyu Urip) : 60 menit
  3. Pos 2 – Pos 3 (Hutan Cemara) : 90 menit
  4. Pos 3 – Pos 4 (Taman Edelwis) : 105 menit
  5. Pos 4 – Pos 5 (Paningalan) : 120 menit
  6. Pos 5 – Puncak Hargo Dalem : 45 menit
  7. Puncak Hargo Dalem – Puncak Hargo Dumilah : 30 menit

Demikian ulas kami tentang 5 Jalur Pendakian Gunung Lawu yang Wajib Diketahui. Semoga bermanfaat. Terima Kasih

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "5 Jalur Pendakian Gunung Lawu yang Wajib Diketahui"